Kulit Anda Butuh Hal-Hal Ini Setiap Hari

kebutuhan kulitKulit membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin setiap hari agar kesehatan kulit tetap terjaga. Untuk mencukupi asupan tersebut, tidak semua orang tahu apa yang harus mereka lakukan sehingga pada akhirnya, kulit mereka terlihat kusam dan tidak terawat. Bagian terburuknya adalah timbul masalah jerawat, komedo, panu, dan bahkan kanker kulit. Apakah Anda tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mencukupi asupan nutrisi dan vitamin untuk kulit Anda? Jika tidak, temukan jawabannya di bawah ini:

Pelembab dan antioksidan

Kulit harus terus lembab dari waktu ke waktu agar kesehatan kulit tidak terjaga dan terhindar dari masalah kulit kering dan berminyak. Untuk itu, selain mengkonsumsi sayur dan buah, Anda disarankan untuk mencukupi asupan nutrisi dan vitamin dari luar, yaitu dengan mengoleskan krim pelembab pada kulit. Dengan melakukan hal ini kulit akan terlihat lembab dan sehat.

Sementara itu, antioksidan berguna untuk menjaga kondisi kulit agar tidak cepat rusak. Zat baik ini dapat ditemukan pada buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, dan minyak zaitun, dan lain sebagainya. Oya, antioksidan juga berguna untuk membantu regenerasi kulit sehingga kulit terlihat awet muda. Btw, sangat disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin E dan C yang berguna untuk membantu pembentukan kolagen pada kulit sehingga kulit bisa melakukan regenerasi dengan lancar.

Cleansing dan tabir surya

Sadari bahwa makeup yang menempel pada wajah dalam waktu yang terlalu lama dapat menyumbat pori-pori sehingga sel kulit mati terus bertumpuk dan menyebabkan jerawat dan komedo. Untuk mengatasi hal ini, Anda memerlukan cleansing yang wajib Anda gunakan sebelum tidur. Cleansing berguna untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang masih menempel pada kulit. Ingat untuk menggunakan produk ini setiap hari sebelum Anda tidur.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki curah sinar matahari yang begitu panas, khususnya di musim kemarau. Suhu bisa meningkat drastis sehingga kulit akan terlihat gelap dan kusam apabila berlama-lama di bawah sinar matahari. Di samping itu, hal ini juga bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk mengatasi hal ini, kulit membutuhkan krim tabir surya (sunblock) untuk mengurangi dampak sinar UV A dan UV B yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Ingat untuk menggunakan krim tabir surya mengandung SPF minimal 30 agar proteksi yang didapat bisa maksimal. Di samping itu, mengoleskan krim ini jangan hanya satu kali terutama jika Anda terus menerus berada di bawah sinar matahari. Perlu diketahui bahwa krim tabir surya yang digunakan bisa kehilangan manfaat dalam 3-4 jam setelah penggunaan.

Air mineral

Air mineral adalah salah satu sumber kehidupan yang tidak hanya dibutuhkan oleh manusia tapi juga makhluk lainnya di muka bumi. Kebutuhan manusia akan air mineral adalah 8 gelas per hari. Sayangnya, tidak semua orang yang mencukupi kebutuhan air untuk tubuhnya karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Hal inilah yang menyebabkan kulit mereka kering dan mereka rentan terkena dehidrasi. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, minumlah air putih 8 gelas per hari secara teratur. Jika Anda suka minum minuman bersoda, sebaiknya mulai kurangi penggunaannya karena minuman tersebut tidak membawa dampak positif yang begitu banyak dibandingkan air mineral. Memang rasanya jauh lebih baik tapi manfaatnya masih kalah jauh. Di samping itu, ada efek samping yang bisa ditimbulkan oleh minuman bersoda apabila terus menerus dikonsumsi, seperti obesitas, diabetes, kerusakan ginjal, darah rendah, tulang rapuh, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *