Ragam Pengobatan Penyakit Jantung

Tak seorang pun di dunia ini yang ingin menderita penyakit jantung. Alasannya sederhana karena penyakit ini tidaklah mudah untuk disembuhkan dan resiko untuk meninggal dunia akibat penyakit ini juga cukup besar. Di Indonesia sendiri, selain kanker, penyakit jantung menjadi penyebab kematian paling banyak di negara ini, sama halnya dengan negara-negara lainnya di dunia. Tak dapat dipungkiri bahwa ketika menderita penyakit ini, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Adapun ragam pengobatan penyakit jantung itu sendiri adalah:

Mulai dengan memperbaiki pola hidup

health cPola hidup yang tidak sehat memang memberikan dampak buruk bagi tubuh. Sebagai contoh, apabila rajin begadang, tubuh akan mudah lelah, mengalami kekurangan darah, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan kebiasaan suka makan makanan siap saji, resiko untuk mengalami obesitas dan penyakit kanker bisa saja semakin besar. Di samping itu, apabila sudah terkena penyakit jantung dan pola hidup masih belum sehat, apapun jenis pengobatan yang diambil, penyakit ini akan kembali lagi dan lagi. Perlu diketahui bahwa penyebab utama dari penyakit ini sendiri adalah pola hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu, mulai dengan memperbaiki pola hidup terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika Anda malas berolahraga, mulailah untuk rajin melakukan kegiatan ini minimal 3 kali seminggu atau jika Anda seorang perokok, hentikan kebiasaan ini segera. Jika Anda suka makan makanan asin dan atau makanan siap saji, kurangi mengkonsumsi makanan tersebut dan ganti dengan buah dan sayur. Dengan pola hidup yang sehat, organ-organ tubuh pun akan sehat.

Konsumsi obat-obatan yang sudah direkomendasikan

medicineAda banyak obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit jantung yang sudah beredar di pasaran. Meskipun begitu, diharapkan untuk tetap berhati-hati dalam memilih obat jantung yang ada karena tidak semua obat tersebut cocok atau berkualitas. Oleh sebab itu, hanya konsumsi obat-obatan yang sudah direkomendasikan oleh dokter jantung. Pada umumnya ada beberapa obat-obatan yang baik untuk jantung, seperti statin, antiplatelet, anti hipertensi, obat diabetes, dan lain-lain. Obat-obatan ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah penggumpalan darah, penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah, dan mengurangi kadar gula di dalam tubuh. Untuk konsumsinya sendiri, diharapkan disesuaikan dengan anjuran dokter, jangan sampai kelebihan dosis karena bisa membahayakan kesehatan tubuh. Jika bingung mengenai cara pemakaiannya, baca keterangan di kemasan produk atau tanyakan langsung ke dokter.

Lakukan operasi

operasi jantungApabila penyakit jantung yang diderita sudah terbilang sangat parah dan mengkonsumsi obat-obatan sudah tidak ampuh lagi, melakukan operasi jantung sangat disarankan. Ada banyak pembedahan jantung yang bisa dilakukan saat ini, dua di antaranya adalah bedah bypass dan operasi pemasangan stent atau cincin. Operasi jantung bypass bertujuan untuk membuka jalan baru bagi aliran darah sehingga suplai darah ke seluruh tubuh terkecukupi. Sementara itu, operasi pemasangan cincin bertujuan untuk memperlebar arteri jantung sehingga jantung tidak tersumbat lagi dan aliran darah dapat mengalir dengan lancar.

Untuk melakukan operasi jantung, disarankan untuk menyiapkan dana hingga ratusan juta rupiah karena biaya operasi dan perawatan setelah operasi terbilang mahal. Di samping itu, disarankan untuk tidak asal pilih jenis operasi jantung karena bisa saja beberapa tahun setelah operasi, penyakit ini kambuh lagi dan harus dilakukan operasi lagi. Tentu hal ini akan sangat merepotkan dan menghabiskan banyak uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *